Maserati meluncurkan Alfieri, mobil 2 + 2 konsep untuk merayakan ulang tahun keseratus merek di Geneva Palexpo hari ini. The Alfieri adalah prototipe fungsional menarik tapi realistis dan 100% yang mengatakan banyak tentang DNA desain masa depan Maseratis. Bahkan, Alfieri juga bisa menjadi pintu untuk masa depan Maserati.
Konsep baru yang mencolok menyandang nama Alfieri, yang paling menonjol dari saudara Maserati, dan jenius rekayasa yang mendirikan "Officine Alfieri Maserati" di Bologna abad yang lalu. The Alfieri diciptakan pada Maserati Centro Stile di Turin oleh sekelompok kecil desainer muda berbakat yang dipimpin oleh Marco Tencone. Proyek ini didalangi oleh Lorenzo Ramaciotti.
Dalam hal ini, 100 tahun, perusahaan Maserati adalah dalam kesehatan baik-baik saja. Rencana ambisius yang melepas tahun 2013 dengan presentasi dari Quattroporte dan Ghibli model adalah mengubah pabrikan Italia menjadi pemain serius di segmen mobil sport premium. Hanya dalam satu tahun, 2012-2013, penjualan meningkat sebesar 150%, dari 6.200 ke 15.400 mobil.
Hari ini Maserati adalah pemain otomotif global dengan berbagai model yang lengkap terdiri dari dua saloons empat pintu, dua mobil sport GT, empat mesin (V8, V6 Twin Turbo, V8 NA dan Diesel turbo) dan dua arsitektur yang berbeda (AWD & RWD).
The Alfieri sedang diresmikan di waktu yang tepat untuk membangun kembali orientasi yang benar Maserati dalam hal desain dan produksi. Jika Quattroporte baru dan Ghibli memberi kesan bahwa Maserati telah menjadi berorientasi sporty, atas kelas empat saloons pintu, konsep baru ini menyerang balik dan mengingatkan semua orang bahwa merek memiliki warisan balap yang luar biasa dan tradisi unik di mobil GT eksotis.
Tidak ada keraguan bahwa konsep Alfieri mewakili esensi sejati dari merek Maserati. Ini adalah ramping, gaya Italia 2 + 2 seperti 1957 3500 GT, 1959 5000 GT dan 1969 Indy sebelum, dan jelas menegaskan DNA balap Maserati. Sporty dalam karakter dari GranTurismo, yang Alfieri menawarkan proporsi yang mungkin akan pola dasar untuk masa depan mobil sport sejati dan tentunya mengisyaratkan niat gaya merek untuk waktu dekat. "Maserati tidak berubah. Maserati selalu Maserati ", seperti Ramaciotti menempatkan.
Seperti semua mobil konsep, ada keinginan kuat untuk mengubah Alfieri menjadi kenyataan. Meskipun belum pada tahap prototipe akhir seperti grand touring besok, itu tetap disusun, dirancang dan dibuat dalam pendekatan yang bertujuan 100% realisme.
Menurut Lorenzo Ramaciotti, "The Alfieri adalah titik transisi antara 100 tahun mulia sejarah dan masa depan yang membuka hadapan kita. Saya sungguh-sungguh tidak bisa mengatakan bahwa kita akan melihat mobil ini di produksi dalam dua tahun waktu, tapi saya yakin kita akan melihat sesuatu yang sangat mirip. "
Proses pembangunan dimulai musim panas lalu. Desainer diminta untuk mulai dari lembar kosong untuk membuat konsep untuk seratus Maserati. Sketsa yang akan mengakibatkan apa yang sekarang Alfieri muncul di antara berbagai usulan lainnya.
Salah satu mobil yang paling menarik dari semua kali, Maserati A6 GCS-53 yang dirancang oleh Pininfarina pada tahun 1954, membuktikan sumber inspirasi yang berharga bagi para desainer. Jauh lebih dari mesin balap yang langka untuk driver pria, A6 GCS-53 adalah sebuah karya desain. Itu juga mobil terakhir yang Pininfarina dirancang pada model Maserati sebelum membuat comeback pada dekade pertama abad ke-21 dengan Quattroporte dan GranTurismo. A6 GCS-53 adalah sepotong ikon teknologi otomotif dan hanya hati untuk proporsi dan fitur desain: kabin kecil diposisikan hampir lebih dari roda belakang, kap mesin yang tampaknya tak berujung dan panjang, sayap berliku-liku peregangan hampir ke roda belakang.
The Alfieri jelas jauh lebih dari interpretasi futuristik dari A6 GCS-53. Maserati memiliki sejarah desain diversifikasi yang mendorong desainer untuk melihat ke depan daripada belakang: "Kami ingin Alfieri untuk menguji jalur desain masa depan", Ramaciotti menjelaskan. "Mobil ini sangat agresif tapi masih mabuk dalam gaya, kuat namun bersahaja."
Akronim A6 GCS berdiri Alfieri 6 silinder, Ghisa, Corsa, Sport, julukan yang juga menyampaikan bonnet panjang, dan belakang set 2 kabin.
Sementara A pilar terbalik dari A6 GCS-53 yang bukan pilihan dalam Alfieri baru, efek optik mereka telah diciptakan oleh garis pahatan yang dimulai dari kap mesin dan memudar ke pintu garis tinggi, membuat kaca depan terlihat lebih besar.
Panjang, hidung rendah merupakan evolusi gaya dari model Maserati kontemporer. Kisi-kisi ini dibagi secara vertikal ke dalam dua bagian cekung yang tampaknya untuk menggantung di udara. The DLR ramping dihubungkan dengan garis aksen yang jelas dengan ikon "V" motif di tengah. Lampu agresif menggabungkan lampu bi-xenon-LED dan diberikan khas oleh alis karakteristik, diulang pada pipa knalpot ekor kembar.
Tiga lampu permen tebu ekor dimensi terdiri dari dua elemen eksternal merah dengan elemen putih di dalam. bentuknya harmonis berikut bahu belakang mobil dan melengkapi saluran udara di bawahnya untuk menciptakan mengesankan, balap gaya tampilan belakang.
desainer Alfieri ini telah mengembangkan ramping, bentuk rapi di mana satu-satunya elemen dekoratif - saluran udara dibenahi triple di lengkungan roda - yang halus terintegrasi. siluet eye-catching ini hampir membujuk Anda untuk membelai itu.
Roda telah dirancang secara khusus untuk konsep Alfieri. Ditempa dari unsur aluminium tunggal, 21 "diameter belakang dan 20" roda depan memiliki jari-jari dekoratif yang terintegrasi yang mengedipkan mata klasik berbicara roda tahun 1950-an.
Meskipun bentuk adalah unsur dominan, warna dan detail memainkan peran pendukung utama. Sebuah warna logam cair disebut "Baja Flair" telah dipilih untuk konsep 100 tahun Maserati ini. Pilihan ini selesai memberikan bentuk yang elegan yang Alfieri ini terlihat halus, teknis dan kontemporer, seperti kerudung logam telah menutupi tubuh telanjang.
Jeruji dekoratif roda ditempa, kaliper rem, grille, saluran udara tiga ikon, diffuser belakang, alis provokatif dari pipa knalpot ekor semua selesai di Maserati biru. The Alfieri signature, diambil dari dokumen Maserati tua dan terpahat dalam reses plat nomor di bagian belakang mobil juga warna biru. Bumper spoiler depan dan diffuser belakang yang di serat karbon dengan sisipan aluminium.
Posting Komentar