Pada tanggal 14 Juni 2005, Peugeot mengumumkan keputusan untuk mengambil tantangan teknologi baru: untuk memenangkan salah satu ras motor paling bergengsi dan paling menuntut di dunia, Le Mans 24 Jam, dengan mobil didukung oleh mesin diesel HDi, dilengkapi dengan sistem diesel particulate filter.
Ras simbolik ini, dengan menarik lebih dari 200.000 penonton setiap tahun, akan digunakan oleh Peugeot sebagai kesempatan untuk menampilkan nilai-nilai merek mereka: keandalan, kinerja dinamis, gaya digambarkan oleh garis kucing dan, akhirnya, inovasi menyatakan, di antara cara lain, dengan penggunaan lingkungan teknologi ramah.
Kelompok PSA Peugeot Citroën saat ini pemimpin dunia dalam teknologi diesel. «Rail direct injection Umum» teknologi HDi dapat ditemukan di lebih dari 60% dari kendaraan yang dijual oleh merek di Eropa pada tahun 2005 dan lebih dari 70% di Perancis. Pada tahun 2000, Peugeot menegaskan komitmen dan kebijakan strategis untuk mengurangi emisi gas buang, dengan memasang peralatan sebagai standar pada mesin HDi di 607 diesel sistem particulate filter. Pada bulan Desember 2005, Peugeot merayakan produksi sejuta kendaraan dilengkapi dengan sistem diesel particulate filter.
Hari ini, itu adalah mobil produksi yang membawa HDi diesel teknologi particulate filter untuk arena persaingan, untuk menunjukkan kualitas dalam kondisi ekstrim daya tahan dan kinerja, sambil menghormati lingkungan.
Peugeot HDi DPFS diesel:
Pilihan arsitektur mesin telah didasarkan pada 100 ° dua belas silinder desain V, dengan kapasitas silinder 5,5 liter.
Ini adalah kapasitas silinder maksimum bahwa peraturan memungkinkan dan terpilih untuk itu operasi yang efisien pada kecepatan rendah. Hal ini juga memungkinkan tenaga mesin dibatasi dalam contoh pertama, tetapi juga memungkinkan pengembangan lebih lanjut.
Jumlah silinder hasil, di satu sisi, dari keinginan untuk menjaga diameter bore sangat dekat dengan sebuah mesin seri produksi, dalam rangka untuk membuat penggunaan terbaik dari pengetahuan pembakaran diesel Peugeot dan, di sisi lain, untuk membatasi stroke ke nilai wajar. Arsitektur V12, terkenal karena keseimbangan yang baik, juga mengurangi getaran untuk minimum.
Sudut 100 ° V, dari arsitektur V12, memungkinkan ketinggian pusat gravitasi diturunkan tanpa mempengaruhi kekakuan torsi mesin.
Dua diesel particulate filter yang dipasang pada akhir masing-masing sistem pembuangan. Melalui teknologi yang telah datang langsung dari mobil produksi, mereka akan memberikan kontrol dijamin emisi gas buang di bawah semua kondisi operasi.
Kedua diesel particulate filter dipasang ke mesin yang disajikan, membawa nomor 1.195.520 dan 1.195.521 yang merupakan angka produksi numerik dari filter dalam total produksi keseluruhan dari semua filter sejak diperkenalkannya pada kendaraan Peugeot.
Tingkat kinerja yang diharapkan - lebih dari 515kW (700 bhp) dari kekuasaan dan output torsi lebih besar dari 1.200 Nm - tanpa preseden dalam mesin diesel dan merupakan akibat langsung dari tingkat saat Peugeot untuk pengetahuan dalam teknologi diesel, terkait dengan karakteristik mekanik V12.
Bosch adalah salah satu mitra penting Peugeot Sport pada proyek ini, membuat kontribusi aktif untuk spesifikasi komponen injeksi bahan bakar dan sistem manajemen mesin.
Dengan kedatangan tantangan baru ini, Peugeot Sport re-organisasi pada akhir World Rally Championship 2005.
Claude Guillois, di bawah pengawasan manajer teknis Bruno Famin, diangkat sebagai manajer departemen mesin berkat pengalamannya mesin balap, mesin supercharged dan pengetahuan tentang desain mesin produksi. Departemen ini berbasis di fasilitas Vélizy Peugeot Sport, yang mencakup tiga tempat tidur uji mesin, termasuk satu untuk simulasi.
Posting Komentar